Wamen BUMN Minta Stasiun KA Cepat JKT-BDG Jadi Pusat Budaya

Hari pertama usai Cuti Bersama Idul Fitri 2023, Wakil Menteri II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo langsung bergerak cepat untuk memastikan penyelesaian proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung pada Rabu (26/4). (Dok. BUMN)

Wakil II Menteri BUMN (Wamen II) Kartika Wirjoatmodjo meminta KCIC mengoptimalkan pemanfaatan stasiun KA Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Dengan begitu, kata dia, stasiun bisa jadi salah satu destinasi wisata.

Hal itu disampaikan Wamen II BUMN saat meninjau langsung proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (26/4/2023). Untuk memastikan percepatan penyelesaian proyek stasiun KA cepat tersebut.

“Stasiun Kereta Api Cepat bukan hanya menjadi suatu tempat naik turun penumpang tapi juga menjadi sebuah destinasi wisata atau pusat aktivitas masyarakat. Diharapkan nantinya seluruh Stasiun KCJB dapat menjadi sebuah tempat yang menyuguhkan akulturasi budaya baik budaya Betawi maupun sunda pada ornamen dan aktivitas di dalamnya,” katanya dalam keterangan tertulis.

“KCIC harus berpikir out of the box untuk menghadirkan berbagai aktivasi, hiburan, dan event-event menarik agar dapat meningkatkan minat masyarakat datang ke stasiun dan menggunakan KCJB. Dengan pengelolaan retail yang baik. Nantinya Stasiun KCJB tidak hanya untuk naik turun penumpang tapi juga dapat digunakan sebagai meeting point dan tempat berkumpulnya masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, progres pembangunan stasiun KA Cepat Halim terus berjalan dengan baik.

“Saat ini pembangunan Stasiun KA Cepat Halim terus berjalan. Konstruksi struktur bangunan sudah hampir selesai dan saat ini sedang dilakukan percepatan penyelesaian untuk pekerjaan arsitektur yaitu dinding, langit-langit, fasad, dan atap serta pekerjaan mechanical, electrical dan plumbing,” kata Rahadian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*