KENAPA Jokowi Sering Melantik Menteri di Hari Rabu Pon?Ini Makna dari Kitab Primbon hingga Hal Magis

Presiden Jokowi sering melantik sejumlah menteri di hari Rabu Pon istilah dalam kalender Jawa.

Pada hari ini, Rabu (21/2/2024) yang bertepatan dengan juga weton Rabu Pon, Jokowi bakal melantik Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono di Istana Negara pukul 11.00WIB.

Hadi Tjahjanto bakal dilantik sebagai Menko Polhukam dan AHY bakal dilantik sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

Pelantikan ini menjadi sangat krusial jelang masa habis jabatan Jokowi sebagai presiden.

Diketahui, Mahfud MD mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam karena mengikuti kontestasi Pilpres 2024 sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Bocoran mengenai adanya reshuffle yang bertepatan dengan hari Rabu Pon dalam penanggalan Jawa itu pertama kali dilontarkan oleh politisi Partai NasDem, Sahroni.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Kunto Adi Wibowo, menilai pemilihan Rabu Pon untuk melaksanakan hal penting tak lepas dari langgam politik Jawa yang sejak awal melekat dalam diri Jokowi.

Mengutip pernyataan Soemarsaid Moertono dalam buku Negara dan Kekuasaan di Jawa Abad XVI-XIX, Kunto mengatakan legitimasi raja-raja Jawa bersumber dari aspek magis religius.

Kunto pun berpendapat, hal itu yang diterapkan Jokowi dalam berpolitik.

“Rabu Pon-nya Pak Jokowi ini sebagai bentuk hal mistis yang tidak tersentuh masyarakat,” ujar Kunto saat wawancara bersama Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Lebih lanjut, Kunto menyebut Jokowi tengah berusaha merawat kekuasaan secara kultural lewat pemilihan Rabu Pon untuk melakukan hal-hal penting.

“Bahwa di sini kalau rakyat patuh dengan raja yang punya kesaktian, kewibawaan magis religius yang tinggi, maka rakyatnya akan sejahtera dan akan hidup tenteram, di sini ada legitimasi terhadap sang raja,” paparnya.

Selama dua periode menjabat sebagai Presiden Indonesia, Jokowi beberapa kali melakukan reshuffle pada Rabu Pon.

Lebih lanjut, Kunto menyebut Jokowi tengah berusaha merawat kekuasaan secara kultural lewat pemilihan Rabu Pon untuk melakukan hal-hal penting.

“Bahwa di sini kalau rakyat patuh dengan raja yang punya kesaktian, kewibawaan magis religius yang tinggi, maka rakyatnya akan sejahtera dan akan hidup tenteram, di sini ada legitimasi terhadap sang raja,” paparnya.

Selama dua periode menjabat sebagai Presiden Indonesia, Jokowi beberapa kali melakukan reshuffle pada Rabu Pon.

Biasanya pemilik weton ini cocok untuk dijadikan pemimpin.

Tak heran bahwa Jokowi berhasil menduduki jabatan Presiden selama 2 periode sejak 2014-2024 mendatang.

Jokowi yang lahir pada tanggal Rabu Pon, 21 Juni 1961 memiliki neptu 14 (7 + 7).

Neptu adalah angka perhitungan Jawa yang bisa dipakai untuk membaca nasibnya.

Neptu 14 ini masuk ke golongan Tibo Ratu dibawah naungan Lebu Katiup Angin.

Artinya, seseorang dengan neptu ini memiliki keberuntungan dalam hidup.

Melansir dari kitab primbon Jawa, Rabu Pon memiliki sifat lakuning rembulan yang artinya adalah penerang bagi orang lain.

Orang-orang yang lahir pada Rabu Pon juga memiliki jiwa sosial yang tinggi, pandai bergaul, dan pandai menghibur orang lain.

Weton Rabu Pon juga dimiliki orang orang yang mudah beruntung dalam hidup karena tak mudah putus asa dalam mencapai cita-citanya.

Selain itu, mereka juga cenderung berwawasan luas dan memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang cepat.

Sayangnya sifat buruk Rabu Pon ini tergambar dari kebiasaannya yang tidak disiplin dalam menerapkan sesuatu.

Mereka juga mudah bingung dalam pengambilan keputusan, yang mana bisa membuat penyesalan atas keputusan yang telah diambil.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan ada pelantikan menteri hari ini.

“Rabu besok (hari ini), 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB,” kata Ari, Selasa, (20/2/2024).

Kendati demikian, Ari belum mau membeberkan siapa sosok dua menteri yang akan dilantik hari ini itu.

“Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok (Rabu) ya,” katanya.

Begitu pula dengan Presiden Jokowi, tak mau berkomentar banyak mengenai perombakan kabinet hari ini.

Presiden Jokowi hanya mengatakan, soal perombakan Kabinet sebaiknya menunggu hari Rabu.

“Besok (hari ini) di tunggu saja jam 10,” kata Jokowi usai menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Ancol, Jakarta, Selasa, (20/2/2024).

Sebagai informasi, saat ini, kursi Menko Polhukam dijabat oleh Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas (Plt), menggantikan Mahfud MD.

Sebab, Mahfud telah mengundurkan diri untuk menjaga netralitas, setelah maju jadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Diketahui, posisi strategis Menko Polhukam itu telah kosong selama dua minggu lebih, usai ditinggal Mahfud sejak 1 Februari 2024.

Lalu, berdasarkan kabar beredar, jabatan Menko Polhukam itu akan diisi oleh mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Diketahui, Hadi Tjahjanto saat ini menjabat sebagai menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia sejak 15 Juni 2022, lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*