Gaya Ganjar-Mahfud di Debat Pamungkas Capres 2024, Sepatu Lokal Hampir Rp400 Ribu sampai Jaket Varsity Mirip Grup Idol K-pop

Lagi, panggung Debat Capres Cawapres 2024 seolah jadi “karpet merah Met Gala” untuk pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03, Ganjar-Mahfud. Seperti di edisi-edisi sebelumnya, mereka kembali tampil beda di Debat Pamungkas Capres 2024.

Masih dengan mengkreasikan produk fesyen lokal, keduanya terlihat memakai sepatu lokal rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat, MARQUE.CO. Di unggahan Instagram-nya, Senin (5/2/202024), produk itu disebut sebagai “sepatu sneakers kasual dengan model vintage modern.”

“(Sepatu ini) mengombinasikan tiga material utama pada bagian upper: leather, suede, dan nylon,” imbuhnya. “Diproduksi dengan proses vulkanisir menggunakan material terbaik, (sepatu ini juga) dilengkapi MARQUE Polyurethane Technology Insole yang super empuk dan nyaman.”

HomeLifestyle
Gaya Ganjar-Mahfud di Debat Pamungkas Capres 2024, Sepatu Lokal Hampir Rp400 Ribu sampai Jaket Varsity Mirip Grup Idol K-pop
Asnida RianiAsnida Riani
Diperbarui 05 Feb 2024, 10:00 WIB
Copy Link
13
Momen Akhir Capres-Cawapres Usai Debat Pamungkas Pemilu 2024
Perbesar
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD saat memberi pernyataan penutup Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Liputan6.com, Jakarta – Lagi, panggung Debat Capres Cawapres 2024 seolah jadi “karpet merah Met Gala” untuk pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03, Ganjar-Mahfud. Seperti di edisi-edisi sebelumnya, mereka kembali tampil beda di Debat Pamungkas Capres 2024.

Masih dengan mengkreasikan produk fesyen lokal, keduanya terlihat memakai sepatu lokal rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat, MARQUE.CO. Di unggahan Instagram-nya, Senin (5/2/202024), produk itu disebut sebagai “sepatu sneakers kasual dengan model vintage modern.”

BACA JUGA:
TPN Ganjar-Mahfud soal Hasil Debat Capres: Prabowo Tak Memahami Stunting dan Gizi Buruk
“(Sepatu ini) mengombinasikan tiga material utama pada bagian upper: leather, suede, dan nylon,” imbuhnya. “Diproduksi dengan proses vulkanisir menggunakan material terbaik, (sepatu ini juga) dilengkapi MARQUE Polyurethane Technology Insole yang super empuk dan nyaman.”

Advertisement

recommended by

BRAINBERRIES
What Was Missing In These 8 Unforgettable Movie Love Stories?
LEARN MORE
“Busa ditambahkan di bagian belakang sepatu, supaya tambah nyaman dan dibungkus kain VisaTery super halus yang bikin kalian enggak akan lecet kalau pakai sepatu ini! Tali sepatu yang dipakai juga merupakan tali sepatu terbaik (small details matter) menggunakan material katun,” klaimnya.

Sepatu uniseks dalam kombinasi warna hitam-putih dan sol cokelat ini tersedia untuk ukuran 39–46 dengan harga jual Rp395 ribu. “Yang mau kembaran sama Pak Ganjar dan Prof. Mahfud, kalian bisa pesan sepatunya ready stock ya!” kata mereka menambahkan.

Melengkapi tampilan kasual itu, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga kedapatan berjaket varsity dengan ragam emblem yang menonjolkan program kerja mereka. Sekilas, warganet sempat menilai bahwa item fashion itu mirip dengan yang dipakai grup idol K-pop populer, TWICE.

Salah satu pengguna X, dulunya Twitter, berkicau pada Minggu, 4 Februari 2024, “Ternyata blio ini ONCE (sebutan penggemar TWICE),” seraya memperlihatkan kemiripan jaket yang dimaksud. Sejumlah warganet setuju dengan hal itu, dan menduga putra Ganjar Pranowo, Alam Ganjar, jadi otak di balik pemilihan busana yang dimaksud.

“Inget gais Alam sempet nonton konser TWICE di JIS sampe segala ikut joget,” kata salah satunya. Sementara, ada juga yang tetap mengingatkan untuk “tidak mempolitisasi” grup idola ke dalam Pemilu 2024. “Bukannya kemarin dibilang jangan disandingin sama satu grup tertentu,” tulis seorang komentator.

Si pengunggah pun membalas, “Bang, cuma nyamain versitynya doang. ONCE juga pada santai-santai aja selama gak melenceng aja.” Cuitan viral ini sebenarnya juga dibalas akun X Ganjar, menulis, “Itu siapa ya?” “Pak, pilih yang kanan atau kiri 🙏🏻🙏🏻🙏🏻,” balas di pemilik akun menyertakan foto Nayeon dan Momo TWICE.

Karena itu, warganet jadi tebak-tebakan siapa bias Ganjar-Mahfud bila mereka memang benar fans grup besutan JYP Entertainment tersebut. Kendati demikian, jaket varsity itu sebenarnya juga buatan brand lokal.

Melansir Antara, Senin (5/2/2024), Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan bahwa Ganjar-Mahfud mengenakan jaket varsity sebagai wujud apresiasi pada gelombang pernyataan sikap dosen dari berbagai perguruan tinggi ternama sebagai upaya menjaga demokrasi, serta menegakkan etika dan moral dalam berpolitik.

“Mengenakan jaket varsity yang khas mahasiswa itu memberikan penjiwaan lebih pada Mas Ganjar karena pada tema debat pamungkas ini, Mas Ganjar akan banyak membahas tentang masa depan sumber daya manusia (SDM), masa depan anak muda generasi penerus kita,” kata Karaniya.

Menurut dia, busana ini tidak hanya sebagai wujud apresiasi, tapi sesuai tema Debat Pamungkas Capres 2024, yakni kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM, dan inklusi.

Karaniya mengatakan, jaket varsity merupakan simbol prestasi, kehormatan, dan semangat tim. Dengan memakainya, Ganjar-Mahfud ingin menginspirasi masyarakat arti pentingnya kerja keras, dedikasi, dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama.

Disebutkan pula bahwa jaket yang dipakai Ganjar-Mahfud merupakan rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat, Raw Type Riot. Sebagaimana diketaui, brand fesyen lokal itu sempat menarik perhatian karena produknya dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu silam.

“Ini merupakan pilihan yang tidak hanya soal gaya, tapi juga komitmen pada karya anak bangsa,” sebut Karaniya. “Raw Type Riot ini ide kreasinya muncul dari mahasiswa di asrama kampus.”

Ia menjelaskan bahwa pemilihan jaket varsity Raw Type Riot jadi bagian integral dari visi Ganjar-Mahfud untuk memajukan ekonomi kreatif dan memberi peluang bagi para pelaku usaha lokal. Sejumlah program unggulan Ganjar-Mahfud juga tertera pada jaket itu dalam bentuk patch.

Jika pada debat-debat sebelumnya patch menampilkan program bertema pertahanan dan lingkungan, pada debat kali ini, program yang ditampilkan antara lain 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana, 1 Desa 1, Faskes, 1 Nakes, Bansos Pasti, dan Internet Gratis yang terkait dengan tema debat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*