Cara Buat Akun KIP Kuliah 2024, Simak Penjelasannya

Dalam membantu pendidikan anak-anak Indonesia ke jenjang perkuliahan, pemerintah memiliki sebuah program Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

Adapun program KIP kuliah ini sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan.

Pada tahun 2024 ini, KIP kuliah akan kembali segera dibuka.

ebagaimana diketahui, bahwa pendaftaran KIP kuliah dibuka bersamaan dengan dibukanya pendaftaran di setiap jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Pada tahun ini, pendaftaran KIP Kuliah kemungkinan akan dibuka pertama kali bersamaan dengan dibukanya pendaftaran jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

“Yuk bersiap-siap untuk Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024,” demikian yang tertulis di akun Instagram @puslapdik_dikbud, Kamis (7/2/2022).

Dikutip dari Kompas.com, apabila pendaftaran sudah dibuka, hal pertama kali yang harus dilakukan calon pendaftar adalah membuat akun laman resmi KIP Kuliah.

Setelah membuat akun KIP Kuliah 2024 atau melakukan registrasi akun KIP Kuliah, calon mahasiswa baru bisa melakukan pendaftaran KIP Kuliah sesuai jalur masuk perguruan tinggi yang dipilih.

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif (NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti.

6. Selanjutnya, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Meski sudah memiliki akun KIP Kuliah, pendaftar juga harus memenuhi persyaratan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berikut syarat pembuatan KIP Kuliah:

1. Pendaftar KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

Jadi bila KIP Kuliah dibuka 2024, maka siswa gap year yang bisa mendaftar adalah siswa lulusan tahun 2023 dan 2022.

2. Memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Siswa mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

4. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu.

Kriteria lainnya untuk KIP Kuliah adalah siswa difabel, berasal atau tinggal di daerah 3T, Papua dan Papua Barat, serta ada di kondisi khusus karena bencana atau lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*